Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Penjelasan Menu Utama Microsoft Office Word 2019

Microsoft Word merupakan perangkat lunak atau program pengolah kata andalah Microsoft. Program ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1983 sebagai Multi Tool Word untuk Xenix. Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Jadi untuk fungsi utamanya Microsoft Word digunakan untuk membuat, mengedit dan memformat dokumen.

Khusus untuk Microsoft Office 2019 ini hanya bisa dijalankan di Widows 10. Mengapa demikian? Karena Windows 10 lebih stabil untuk kebutuhan cloud base yang akan digunakan oleh Office 2019. 

Pada artikel ini yang akan dibahas adalah Microsoft Office Word 2019 tapi khusus untuk penjelasan menu utamanya saja. Sebelum masuk ke penjelasan menu-menunya bisa coba dilihat dulu untuk detail tampilannya seperti gambar di bawah ini.


  1. Menu Tab File : menu File ini terdapat banyak sekali perintah yang berkaitan langsung dengan urusan pengetikan dokumen, seperti Save, Save As, Open, Close, Info, Recent, New, Print, Save and Send, Help, Option, dan Exit.
  2. Menu Tab Home : menu memiliki fungsi yang berkaitan langsung untuk kebutuhan pengetikan di lembar kerja yang terdiri dari beberapa Ribbon Group, seperti Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.
  3. Menu Tab Insert : untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dibuat, baik berupa objek gambar, shape, tabel, dan karakter spesial (symbol). Dengan menu ini, pengguna juga bisa menyisipkan link ke file yang berada diluar dokumen, bahkan ke internet. Menu Tab Insert ini terdiri dari beberapa Ribbon Group, seperti Pages, Tables, Illustration, Link, Header and Footer, Text dan Symbol.
  4. Menu Tab Page Layout : digunakan untuk mengatur dan menyesuaikan segala hal yang berkaitan dengan tampilan hasil lembar kerja Word. Menu ini terdiri dari beberapa Ribbon Group, seperti Themes, Page Setup, Page Background, Pragraph, dan Arrange.
  5. Menu Tab References : berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan sumber acuan atau rujukan dalam penulisan berbentuk buku, contohnya untuk penulisan berbentuk buku itu sendiri seperti skripsi, karya tulis ilmiah, makalah, paper, proposal, modul dan yang sejenisnya.
  6. Menu Tab Mailings : berfungsi untuk membuat surat secara massal dengan format dan isi yang sama namun pada tujuan yang berbeda. Anda juga bisa mengatur tampilan amplop dan label yang mempermudah pekerjaan
  7. Menu Tab Review : berfungsi untuk melakukan review dari lembar kerja yang sudah terisi. Mulai dari pengecekan spelling hingga grammar yang berkaitan dengan tata bahasa, hingga perhitungan jumlah kata, bahasa yang sering dipakai sampai lainnya.
  8. Menu Tab View : berfungsi untuk pengaturan tampilan lembar kerja, misalkan saja anda ingin melihat dokumen dalam tampilan dua halaman atau lebih hingga menambahkan ruler atau navigasi halaman. Disamping itu juga mempermudah tampilan pencetakan, tampilan garis bantu, perbesaran tampilan dokumen.
Demikian "Penjelasan Menu Utama Microsoft Office Word 2019". Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment

0 Comments