Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Fungsi Rumus Count Pada Microsoft Excel

Fungsi count pada Excel penting diketahui karena fungsi ini untuk mempermudah pengolahan angka. Fungsi count pada Excel adalah fungsi statistik yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang mengandung angka dalam rentang yang diberikan. Fungsi count bertugas menghitung jumlah cell yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Anda juga bisa menggunakan fungsi count ini untuk mendapatkan jumlah angka yang ada dalam rentang atau larik angka.

Fungsi Count berbeda denga fungsi SUM. Perbedaannya adalah pada nilai yang dihitung. Fungsi SUM menghitung jumlah total nilai data sedangkan fungsi Count digunakan untuk menghitung banyaknya kemunculan data angka.

Cara menggunakan fungsi rumus Count pada excel untuk menghitung jumlah kemunculan data angka cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

=COUNT(value1; [value2]; ...)

Keterangan :
  • value1 : Item pertama berupa referensi cell, atau range yang ingin dihitung jumlah datanya yang berisi angka (number).
  • value2, ... : (Opsional) Maksimal sampai 255 item tambahan, referensi cell atau range lain yang ingin dihitung cell yang berisi angkanya.
Untuk contoh penggunaan rumusnya bisa dilihat pada gambar berikut ini :


Rumus Count di atas digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka saja. Sedangkan untuk cell yan berisi teks atau karakter tidak dihitung.

Jadi fungsi Count untuk menghitung banyak cell yang berisi angka saja (tanpa karakter atau teks). Cell yang bernilai numerik dalam format desimal, akunting, tanggal atau waktu dan lain-lain akan terhitung.

Demikian artikel tentang "Fungsi Rumus Count Pada Microsoft Excel". Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.


Post a Comment

0 Comments