Membuat nomor urut adalah sesuatu yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan info pasti jumlah akhirnya. Nomor urut selalu diletakkan pada kolom pertama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam membaca data tertentu. Semakin banyak data yang dimasukkan atau diketik, maka semakin banyak pula nomor urut yang ada. Untuk membuat nomor urut bisa kita lakukan dengan mengetikkan angka satu persatu pada sel tertentu yang kita kehendaki.
Untuk menuliskan nomor urut bisa dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mengetik angka 1, 2, 3, ... dan seterusnya menggunakan tombol angka di keyboard. Selain secara manual anda bisa melakukannya secara otomatis. Cara penomoran otomatis ini akan mengurangi tingkat kesalahan dalam penulisan nomor urut dan efektifitas waktu jadi lebih cepat tentunya.
Bagaimana cara untuk membuat no urut otomatisnya? Silahkan anda bisa ikuti dara berikut ini :
A. Dengan Cara Blok dan Drag Cell
- Ketikkan angka 1 pada sel A1 dan angka 2 pada sel A2
- Blok sel A1 dan A2
- Arahkan mouse pada pojok kanan bawah pada sel A2 sehingga pointer berubah menjadi tanda plus (+).
- Klik kiri dan tahan mouse kemudian drag atau seret ke bawah sampai baris yang diinginkan.
- Nomor urut akan otomatis tampil.
B. Dengan Cara Rumus
- Ketikkan angka 1 pada sel A1
- Klik pada sel A2 kemudian ketikkan rumus =A1+1. Kemudian tekan enter. (A1 bisa dilakukan dengan mengetik langsung atau dengan cara menunjuk menggunakan mouse).
- Arahkan mouse pada pojok kanan bawah pada sel A2 sehingga pointer berubah menjadi tanda plus (+).
- Klik kiri dan tahan mouse kemudian drag atau seret ke bawah sampai baris yang diinginkan.
- Nomor urut akan otomatis tampil.
Demikian artikel tentang "Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis di Microsoft Excel". Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda.
0 Comments